Hubungi Kami!

Kursus Autocad Jogja Murah Terbaik

shape image

Kursus Autocad Jogja Murah Terbaik

Kursus Autocad Di Jogja - AutoCAD software grafis yang dikhususkan untuk menggambar teknik. Disiplin ilmu yang membutuhkan software ini adalah arsitektur, teknik mesin, elektro dll. Kompetensi hasil yang diharapkan dari paket kursus ini adalah, peserta memiliki Kemampuan untuk menggambar denah, gambar detail untuk tampak (depan, samping, dll) 2 dimensi sampai gambar 3 dimensi secara utuh lengkap dengan dekorasi dan aksesoris. Pada paket kursus ini peserta dapat memsalah satu dari 2 paket yang kami tawarkan.
  • Paket Autocad Arsitektur
  • Paket Arsitektur Teknik Mesin
Kursus Autocad Jogja

Definisi dan Pengertian Apa Itu Autocad

Autocad adalah software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menggambar sebuah objek, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Autocad merupakan aplikasi berbasis CAD yang mana penggunaan aplikasi ini sudah cukup banyak karena menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan produk lain dengan fungsi yang sama. Aplikasi yang satu ini diproduksi oleh perusahaan yang bernama Autodesk yang pertama kali diperkenalkan pada 1982 dengan Autocad 1.0.

Kemudian Autocad terus mengalami peningkatan hingga pada akhirnya terdapat perangkat lunak Autocad yang canggih dan memiliki banyak fitur seperti sekarang ini. Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih menggunakan Autocad adalah karena terkenal penggunaannya yang mudah. Jadi, orang awam pun tidak akan kesulitan ketika pertama kali menggunakan aplikasi yang satu ini.

Biasanya Autocad digunakan oleh Insinyur sipil, Arsitek, Listrik, Mesin dan beberapa pekerjaan sejenis lainnya. Di jaman modern seperti saat ini, Autocad sangat digemari terutama untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi dengan mudah. Selain cara penggunaannya yang mudah, keunggulan Autocad lainnya adalah dapat mengerjakan pekerjaan dengan waktu yang relatif singkat dan tentunya didukung dengan kualitas hasil gambar yang baik. Bagi anda yang belum mengetahui dengan jelas software Autocad dan fungsinya, berikut dibawah ini penjelasan mengenai software Autocad.

Sejarah Software Autocad

Autocad merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh perusahaan desain otomatisasi terbesar di dunia yang memiliki kantor pusat di kota California, Sausalito yaitu Autodesk, Inc. Autocad pertama kali diluncurkan pada Desember 1982. Autocad menjadi produk andalan Autodesk dan telah menjadi program desain paling populer di dunia. Software Autocad berasal dari sebuah program yang disebut “Berinteraksi” yang ditulis dalam bahasan berpemilik(SPL) oleh penemunya yaitu Riddle Michael. Pada awal versinya, software ini dapat digunakan pada Sistem Marinchip 9900.

Saat ini Autocad sudah dilengkapi dengan satu set lengkap permodelan solid dasar dan peralatan 3D. Autocad 2007 sudah memiliki permodelan 3D yang baik dan dapat digunakan untuk navigasi. Selain itu, juga dapat dengan mudah mengedit objek-objek 3D. Untuk Autocad 2010, sudah diperkenalkan dengan parametric fungsionalitas dan pemodelan mesh. Setelah merilis Autocad 2011 untuk Mac, untuk versi windows tidak memiliki fitur-fitur yang dapat ditemukan di Mac. Dan seiring dengan perkembangan teknologi yang baru Autocad meluncurkan versi-versi terbaru dengan dibekali fitur-fitur pendukung canggih lainnya.

Fungsi Apliksi Autocad

Aplikasi AutoCAD sekarang ini hanya dapat dioperasikan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Microsoft. Sebelumnya memang untuk sistem operasi Machintos dan Linux sempat bisa digunakan untuk menjalankan program AutoCAD. Tapi fungsi software AutoCAD hanya ini berlangsung pada sekitar tahun 1980-an hingga 1990-an.

Sayangnya fitur itu tidak lagi diteruskan AutoDesk sebagai pengembangnya. Berbagai versi dikembangkan AutoDesk sebagai perbaikan yang kreatif dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan. Berbagai pengembangan ini semakin mempermudah penggunanya dalam mengoperasikan segala macam fitur menarik.

CAD adalah kependekan dari Computer-aided drafting and design program. Sehingga aplikasi ini sangat bermanfaat dalam bidang desain grafis, arsitektur, teknik sipil, mekanikal engineering dan berbagai bidang lainnya yang berhubungan dengan penciptaan gambar tertentu. Dengan perangkat lunak ini, maka lebih mudah dalam menghasilkan model yang tepat, guna memenuhi kebutuhan khusus. Karena gambar bisa dibuat menyerupai bentuk aslinya, dengan ukuran yang disesuaikan.

Sehingga dengan mengaplikasikan AutoCAD, maka bisa menghasilkan gambar dengan ketepatan tinggi, mudah dan hemat waktu. Karena berbagai fitur dan tool yang dihadirkan sangat mudah digunakan. Sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk bisa menguasainya

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa Autocad adalah aplikasi berbasis CAD yang digunakan untuk mendesain objek 2 dimensi atau 3 dimensi. CAD sendiri merupakan singkatan Computer Aided Drafting and Design yang mana fungsinya sama dengan nama dari singkatan tersebut. Penggunaan Autocad sudah tidak asing lagi bagi mereka yang sering bergelut di dunia desain, sipil arsitektur, dan berbagai bidang pekerjaan lainnya yang memang tidak bisa lepas dari penggunaan Autocad.

Lalu mengapa harus menggunakan Autocad? Dengan menggunakan Autocad, maka Anda bisa menggambar sebuah objek sesuai dengan keinginan Anda. Hasil gambar dengan menggunakan Autocad juga tidak sembarangan karena terbukti kualtiasnya bagus dan memiliki kemiripan yang hampir sama dengan gambar aslinya.

Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah menentukan ukuran gambar yang ingin Anda gunakan sehingga tidak sampai membuat gambar yang terlalu besar atau kecil. Jadi, dengan adanya Autocad ini, Anda bisa menggambar sebuah objek dengan tingkat ketelitian dan ketepatan tinggi serta tidak memakan banyak waktu sehingga Anda bisa menggunakan waktu Anda tersebut untuk berbagai kegiatan yang lain.

Di bawah ini akan kami sebutkan beberapa fungsi lain dari Autocad yang harus Anda ketahui:

  • Digunakan untuk mendesain rancangan pesawat terbang
  • Autocad digunakan untuk mendesain rancangan jembatan
  • Digunakan untuk menggambar atau mendesain rancangan rumah
  • Digunakan sebagai salah satu aplikasi untuk merancang model mobil
  • Bahkan Autocad juga bisa digunakan untuk membuat sebuah rancangan mur, paku, palu, mesin, dan berbagai keperluan lainnya.

Macam-macam Versi AutoCAD

Selain autoCAD yang merupakan versi utama dari produk Autodesk, autoCAD juga memiliki beberapa macam versi lainnya, yaitu:

AutoCAD LT

AutoCAD LT merupakan versi autoCAD yang tidak dapat digunakan untuk 3 dimensi dan hanya dapat digunakan untuk drafting gambar 2 dimensi saja.

Maka dari itu autoCAD LT memiliki harga yang lebih murah dari versi autoCAD lainnya karena hanya dapat digunakan bagi yang membutuhkan pendesainan 2 dimensi saja.

AutoCAD 360

AutoCAD 360 merupakan versi autoCAD yang berupa aplikasi mobile resmi yang dapat digunakan pada smarthphone ataupun tablet dengan sistem operasi yang tersedia pada ios, Andorid dan Windows Phone.

AutoCAD versi Industri atau Profesi

Selain kedua versi tersebut, autoCAD juga memiliki versi yang dikhususkan untuk digunakan kepada bidang industri atau profesi tertentu dimana setiap versinya memiliki fiturnya masing-masing.

Contohnya seperti AutoCAD Architecture yang digunakan khusus untuk arsitek dalam mendesain proyek arsitektural.

Selain itu ada juga versi lainnya yang dikhususkan ke bidang atau profesi tertentu, yaitu AutoCAD Civil 3D, AutoCAD Plant 3D, AutoCAD Map 3D, AutoCAD MEP dan lainnya.

AutoCAD versi Pelajar

AutoCAD versi pelajar merupakan versi autoCAD yang dikhususkan agar dapat digunakan oleh pelajar namun dalam versi ini terdapat pengurangan spesifikasi dan memiliki batas waktu penggunaan.

Bagi para pelajar yang ingin menggunakan autoCAD versi ini hanya perlu mendaftarkan dirinya sebagai pelajar.

Fitur Autocad

Apa saja fitur yang ditawarkan oleh Autocad? Berikut ini kami berikan beberapa fitur umum yang dimiliki oleh salah satu aplikasi desain terbaik tersebut.

Tools 2D dan 3D drafting

Sebagaimana penjelasan di awal bahwa fungsi dari Autocad adalah untuk menggambar sebuah objek 2 atau 3 dimensi. Maka dari itu, aplikasi ini menyediakan sebuah tool yang digunakan untuk menggambar 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Beberapa perintah yang ada di dalam tools tersebut antara lain: circle, line, polygon, chamfer, trim, fillet, loft, presspull, dan berbagai fitur lainnya yang dikelompokkan berdasarkan kategori masing-masing.

Opsi rendering

Fitur kedua yang ditawarkan oleh Autocad adalah 3 opsi rendering. Di sini Anda akan diarahkan ketika melakukan proses rendering. Proses yang dijalankan pun tidak sulit. Namun ingat, bahwasanya untuk bisa menentukan seberapa cepat proses rendering yang dijalankan. Maka pastikan spesifikasi komputer atau laptop Anda sudah memadai. Jadi sekiranya Anda tanyakan dulu kira-kira spesifikasi perangkat yang seperti apa yang akan mudah menjalankan proses rendering ketika menggunakan Autocad.

Konversi Pdf ke Dwg

Autocad juga menawarkan fitur yang bisa digunakan untuk mengubah atau menkonversi draf yang berformat pdf ke dwg. Hal ini ditujukan ketika para drafter memperoleh gambar yang berformat pdf. Jadi, dibandingkan harus menggambar ulang. Anda bisa langsung mengkonversi gambar tersebut ke format dwg. Proses perubahannya pun tidak membutuhkan waktu lama dan caranya mudah sekali.

Keuggulan Menggunakan Autocad

Lalu apa saja yang menjadi keunggulan Autocad dibandingkan aplikasi yang lainnya? Berikut ini kami sudah memiliki beberapa informasi tentang keunggulan dari aplikasi buatan Autodesk ini.

Proses pembuatan gambar singkat

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh Autocad adalah aplikasi mampu digunakan untuk menggambar sebuah objek dalam waktun singkat. Jadi, Anda yang setiap hari termasuk orang sibuk dan tidak selamanya memiliki waktu luang. Anda bisa menggunakan Autocad sebagai software untuk mendesain gambar. Dengan menggambar menggunakan Autocad, maka proses yang dilakukan tidak memakan waktu lama.

Memiliki tingkat akurasi yang tinggi

Keunggulan kedua dari penggunaan Autocad adalah Anda bisa menggambar atau mendesain suatu objek dengan presisis yang sangat pas. Selain itu, gambar yang dihasilkan dari Autocad juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan bahkan bisa mendekati gambar aslinya. Seolah-olah nanti Anda tidak menggambar objek tersebut melainkan langsung menduplikatnya karena tingkat kemiripannya yang cenderung tidak bisa dibedakan.

Hasil gambar yang mudah didokumentasikan

Autocad dilengkapi dengan sebuah fitur yang akan memudahkan para penggunya ketika hendak mendokumentasikan hasil gambarnya. Fitur tersebut akan mempermudah proses plotting sehingga nanti gambar yang Anda buat bisa langsung disimpan di dalam sebuah folder dengan nama file atau folder yang seperti Anda inginkan.

Memudahkan proses editing

Tahukah Anda bahwa ternyata Autocad juga merupakan aplikasi desain yang menawarkan kemudahan di dalam menjalankan proses editing? Mungkin poin yang keempat ini menjadi salah satu alasan utama mengapa software yang satu ini banyak digunakan. Para pengguna tidak akan kesulitan ketika menjalankan proses editing yang mana mereka bisa mengedit gambar sesuai dengan keinginan mereka.

Tips Menggunakan Autocad

Memahami alur kerja Autocad

Banyak buku-buku yang mengupas tentang penggunaan Atuocad, biasanya mereka akan menjabarkannya secara detail. Sehingga pengguna pemula dapat mengoperasikan Autocad dengan benar. Namun terkadang beberapa diantaranya terasa sangat sulit untuk dipahami. Jadi sebaiknya anda memahami alur kerja software ini.

Dasar dalam mengoperasikan Autocad adalah dengan mengaktifkan tool dan memperhatikan command line. Dengan cara tersebut anda dapat mudah memahami langkah apa yang seharusnya dilakukan. Command line memang menjadi panduan penting dalam pengoperasian Autocad. Tujuannya adalah untuk mempermudah menjalankan software ini. Semakin kompleks kebutuhan anda maka akan smekain banyak command line yang anda temui.

Paham manajemen gambar Autocad

Software ini awalnya mengadopsi langkah gambar secara manual. Sehingga untuk memudahkannya, anda dapat mengoptimalkan fungsinya dengan menggunakan manajemen layar dengan pemanfaatm sheet sets dan beberapa fitur lainnya. 

Mengoptimalkan kinerja F1 atau Help file

Bila anda mengalami kesulitan, anda dapat menggunakan fitur Help file walaupun tidak terkoneksi dengan internet. Dengan menggunakan fitur ini, maka sistem yang anda jalankan akan mencarikan bahasan relevan yang mudah anda cari.

Mengunjungi menu tentang Autocad

Anda dapat mengakses “tentang Autocad” dan mendapatkan informasi seputar berbagai fitur yang belum anda ketahui sebelumnya. Semakin banyak informasi yang anda ketahui, maka anda semakin mahir dalam mengoperasikan software tersebut.

Tips Mahir Menggunakan Autocad

Berbagai cara bisa ditempuh, agar Anda bisa mahir mengoperasikan software AutoCAD. Anda bisa mengikuti kursus di lembaga terpercaya, belajar dari teman, belajar dari buku atau bahkan belajar secara otodidak. Software ini berkembang dengan beragam versi, dimana setiap versinya akan mengalami penambahan fitur baru. Perubahan itu paling banyak ditemukan pada fitur intermediate hingga advanced.

Belajar dari buku banyak dilakukan, sayangnya sebagian besar buku hanya mengupas aplikasi AutoCAD untuk pemula saja. Jadi sangat sulit ditemukan buku untuk kalangan menengah dan mahir. Sehingga terkadang Anda harus melakukan eksplorasi sendiri, agar bisa menemukan fitur atau berbagai langkah yang dibutuhkan. Terutama untuk menunjang kebutuhan Anda. Kalau tertarik mempelajarinya secara otodidak, berbagai tips berikut ini bisa diterapkan.

Memahami alur kerja dari AutoCAD

Biasanya sebuah buku yang mengupas penggunaan AutoCAD akan menjabarkan caranya secara detail. Tujuannya agar memastikan pengguna pemula bisa mengoperasikannya dengan benar. Sayangnya berbagai langkah yang panjang itu, terkadang sulit Anda ingat di saat akan dibutuhkan tanpa melihat contekan di dalam buku. Mengingat semua langkah itu memang terkadang sulit, jadi solusinya adalah dengan memahami alur kerja tentang AutoCAD ini.

Panduan dasar dalam mengoperasikan AutoCAD adalah dengan mengaktifkan tool dan memperhatikan command line. Dengan cara itu, Anda lebih mudah untuk memahami langkah selanjutnya yang bisa dilakukan. Kalau command line itu meminta base point, bisa memberikan titik acuan. Kalau diminta untuk memilih objek, Anda bisa memilihnya dan langkah selanjutnya tergantung dari kebutuhan Anda.

Command line memang menjadi panduan penting dalam menggunakan AutoCAD. Tujuannya untuk mempermudah dalam menjalankan program ini. Semakin kompleks kebutuhan Anda, maka semakin banyak pula pilihan yang akan ditemui pada command line. Sebaiknya tidak menghafalkan segala langkahnya, karena bisa membuat pusing sendiri. Bagi yang sudah mahir biasanya akan lebih memperhatikan pada penambahan fitur baru. Karena bisa saja fitur baru itu sangat bermanfaat dan sedang dibutuhkan.

Memahami manajemen gambar AutoCAD

Software ini awalnya memang mengadopsi langkah menggambar secara manual. Untuk memudahkannya, Anda bisa mengoptimalkan fungsinya dengan menggunakan manajemen layer dengan memanfaatkan sheetsets dan beragam fitur lainnya.

Mengoptimalkan penggunaan F1 atau Help File

Anda bisa memanfaatkan Help File, saat Anda menjumpai berbagai kesulitan. Fungsi fitur ini tetap bisa digunakan, meskipun tidak terkoneksi dengan internet. Dengan menggunakan menu help ini, maka sistem akan mencarikan bahasan yang relevan dengan yang Anda cari. Sebagai contoh Anda bisa mengetikkan kata Dimedit, kemudian tekan enter di command line. Ketika tool tersebut sudah aktif, lanjutkan dengan menekan tombol  F1.

Mengunjungi menu Tentang AutoCAD

Dengan mengakses “Tentang AutoCAD”, maka Anda bisa mengetahui berbagai fitur yang mungkin belum diketahui sebelumnya. Beragam hal bisa dijumpai pada menu tersebut. Semakin banyak informasi dan pengetahuan yang diketahui. Tentunya membuat Anda semakin mahir dalam mengoperasikan dan menghasilkan karya gambar yang semakin bagus, kreatif dan inovatif. Segala kebutuhan untuk menghasilkan bentuk atau gambar tertentu secara detail bisa diperoleh dengan menguasai setiap fitur yang diberikan pada AutoCAD.

Sering mencoba, tidak hanya terpaku yang diajarkan buku atau informasi teman

Bagi pemula, membaca dan mempraktekkan segala cara mengoperasikan AutoCAD sangat dibutuhkan. Sehingga berbagai elemen dasarnya bisa diketahui dan dikuasai dengan lebih mudah dan cepat. Agar kemampuan lebih berkembang, sangat disarankan jangan hanya terpaku dengan panduan yang disampaikan di dalam buku atau informasi dari teman saja.

Supaya Anda cepat menguasai banyak fitur di dalam software AutoCAD, sangat disarankan untuk mencoba satu per satu fitur yang disuguhkan. Karena terkadang Anda bisa menemukan cara yang lebih efektif dalam aplikasi fitur tertentu. Untuk memperkaya pengetahuan seputar AutoCAD, Anda bisa mengunjungi berbagai website atau blog terpercaya yang menyajikan beragam informasi mengenai tips dan triknya. Kenali beragam Simbol AutoCAD sebagai tool yang bisa digunakan dengan mudah dan cepat.

Berbagai cara Belajar AutoCAD tersebut sangat efektif, saat efektif kalau diterapkan. Tentunya dalam mempelajarinya membutuhkan waktu tertentu. Kecepatan belajar setiap individu bisa berbeda-beda, tergantung dari seberapa rajin dalam mempelajari dan mempraktekkannya. Sebagai langkah awal setelah mengetahui berbagai fitur AutoCAD, sebaiknya perdalam atau ciptakan berbagai karya menarik dengan menggunakan fitur tersebut.

Karena beragam bentuk bisa diciptakan dengan menggunakan aplikasi ini, sebaiknya lebih fokus pada salah satu bidang saja. Sebagai contoh kalau Anda seorang desainer rumah atau arsitek, maka bisa  menciptakan beragam desain bangunan rumah, mulai dari desain eksterior, desain interior, desain perabotan dan beragam bentuk lainnya seputar dunia arsitektur atau property. Dengan menciptakan gambar tiga dimensi, maka gambar yang tercipta seakan lebih nyata atau mirip dengan bentuk aslinya.

Software AutoCAD selalu dilakukan perbaikan sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan kebutuhan dalam menciptakan gambar tertentu. Sebaiknya Anda juga rajin mengikuti perkembangan ini, agar bisa terus update dengan perkembangan terkini. Supaya lebih mudah dalam menguasai fitur tertentu, cara paling mudah adalah dengan sering menggunakannya atau mempraktekkannya untuk menciptakan berbagai gambar. Sehingga berbagai fitur tersebut bisa Anda kuasai di luar kepala.

Kalau kemampuan mengaplikasikan AutoCAD sudah dikuasai, mulai dari untuk pemula, menengah dan mahir, maka sangat penting juga mengasah kreativitasan berkaitan dengan bidang yang ditekuni. Karena dengan unsur kreatif ini, gambar yang tersaji akan lebih artistik.

APA YANG ANDA DAPATKAN?

  • Bagaimana memahami gambar kerja (shop drawing) secara benar sehingga menjadi bekal untuk Anda bekerja dan merancang desain arsitektur interior desain struktural mekanikal elektrikal.
  • Teknik atau rahasia membuat gambar kerja dengan sangat cepat menggunakan trik yang tepat.
  • Belajar cara untuk mengsetting ketebalan garis dan mencetak gambar berskala sesuai dengan ukuran kertas.
  • PENTING : Anda akan mendapatkan kumpulan (library) obyek gambar untuk mempermudah dalam melengkapi gambar kerja, contoh-contoh gambar kerja proyek (shop drawing)  lengkap sebagai bahan referensi.


MATERI APA SAJA YANG AKAN ANDA PELAJARI PADA LEVEL AUTOCAD 2D?
  • Membuat Gambar Layout (Plan)
  • Membuat Gambar Tampak (Elevation)
  • Membuat Gambar Potongan (Section)
  • Membuat Gambar Perincian (Detail)
  • MenCetak Berskala (Plotting)
MATERI APA SAJA YANG AKAN ANDA PELAJARI PADA LEVEL AUTOCAD 3D?
  • Membuat Gambar 3 Dimensi (3D Modeling)
  • Memberikan Jenis Bahan (Material)
  • Membuat Pencahayaan (Lighting)
  • Membuat Gambar Realistik (Rendering)
  • MenCetak pada Kertas Photo (Plotting)

MATERI SESUAI DENGAN KEBUTUHAN ANDA?

  • Membuat Gambar Kerja (Shop Drawing)
  • Membuat Gambar Presentasi (3D View)

Kursus ini dapat diikuti oleh Siswa, Mahasiswa, Karyawan dan Masyarakat Umum lainnya. Tempat pelaksanaan dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta. Jumlah peserta dapat berupa perorangan/privat, kelompok/organisasi, hingga Instansi berskala besar.

Berikut ini merupakan Contoh Desain Denah Rumah Kursus Autocad jogja








© Copyright 2021 Kursus Komputer Jogja Terbaik dan Terpercaya

Hubungi Kami!