Hubungi Kami!

Kursus Adobe Ilustrator Jogja

shape image

Kursus Adobe Ilustrator Jogja


Adobe Illustrator adalah perangkat lunak desain grafis pilihan untuk desainer grafis di seluruh dunia. Kehadiran software Illustrator sangat berguna untuk bekerja di bidang multimedia, dari pemula hingga profesional. Tidak heran jika software sistem Adobe ini selalu memberikan reputasi yang baik untuk produk yang Anda buat. Salah satunya adalah Adobe Photoshop yang sudah lama digunakan oleh masyarakat umum sebagai desainer.
Faktanya, produk Adobe dirancang untuk fungsionalitas yang hebat dan kemudahan penggunaan. Meskipun Adobe Illustrator memiliki fitur yang lebih canggih daripada perangkat lunak grafis lainnya, kami menemukan bahwa banyak pengguna yang tidak terbiasa dengan perangkat lunak ini.
Apa itu Adobe Illustrator?
Adobe Illustrator (AI) adalah program aplikasi yang dikembangkan dan dijual oleh Adobe untuk mengedit grafik vektor. Illustrator adalah aplikasi vektor yang sangat populer di kalangan desainer grafis.
Program ini dikenal di kalangan desainer grafis karena kualitas warnanya dalam file keluaran. Illustrator dapat menampilkan parameter warna cetak CMYK pada monitor RGB dengan akurasi hampir 100% dalam hasil cetaknya. Dalam aplikasi vektor lainnya, desainer perlu membuat banyak konfigurasi manajemen warna monitor sebelum mereka dapat mencapai warna yang hampir akurat dalam cetakan mereka.
Fitur utama Adobe Illustrator
Fitur utama Adobe Illustrator ditampilkan di sidebar yang disebut panel Tools di sisi kiri jendela aplikasi. Kotak alat menampilkan sekumpulan ikon atau alat untuk memilih, membuat, dan memanipulasi objek pada dokumen atau papan seni. Namun, sangat penting bagi pengguna untuk mengetahui nama alat dan cara menggunakan fitur ini. Pengguna dapat menggunakan jenis alat berikut:
1. Kotak alat (area alat) Toolbox adalah peran menu yang paling umum digunakan dalam Adobe Illustrator karena memiliki fitur menu yang berbeda untuk membuat objek yang berbeda dalam dokumen Illustrator. Panel Alat ada di bilah sisi kiri dan memiliki lebih dari 50 ikon alat. Beberapa di antaranya adalah Selection Tool (V), Direct Selection Tool (A), Magic Wand Tool (Y), Lasso Tool (Q), dan masih banyak lagi alat lain yang bisa dipelajari pengguna.
Toolbox adalah peran menu yang paling umum digunakan dalam Adobe Illustrator karena memiliki fitur menu yang berbeda untuk membuat objek yang berbeda dalam dokumen Illustrator. Panel Alat ada di bilah sisi kiri dan memiliki lebih dari 50 ikon alat. Beberapa di antaranya adalah Selection Tool (V), Direct Selection Tool (A), Magic Wand Tool (Y), Lasso Tool (Q), dan masih banyak lagi alat lain yang bisa dipelajari pengguna.
2. Palet warna
Palet Warna digunakan untuk menentukan warna isian dan garis untuk membuat skema warna. Palet warna ini menampilkan berbagai parameter warna untuk jenis warna RGB dan CMYK.
3. Palet transparansi
Palette Transparansi adalah alat untuk menyesuaikan opacity objek yang dibuat. Fitur terbaru dari Adobe Illustrator, palet transparansi, lebih ditingkatkan dengan objek atau layer slider. Palet ini juga menyediakan kontrol baru untuk topeng opacity, di mana nilai kecerahan warna isi objek menutupi objek di bawahnya. Misalnya, warna gelap tertutup dan lebih buram daripada warna terang. Pada dasarnya, topeng opacity ini menambahkan kompleksitas langsung ke transparansi dan efek masking.
4. Palet Baris
Pada bagian ini, pengguna menggunakan Line Palette untuk membuat sketsa atau menelusuri objek. Alat ini menyediakan pengaturan lineweight untuk objek vektor yang dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.
5. Palet Gradasi
Gradient Palette membantu Anda menyesuaikan posisi gradien dalam objek vektor yang dipilih pengguna. Warna default untuk gradien adalah hitam dan putih, tetapi Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan warna objek yang berbeda.
6. Palet lapisan Layer adalah palet dasar yang selalu ditemui oleh desainer grafis. Bagian lapisan ini selalu berlaku untuk perangkat lunak Sistem Adobe untuk aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop. Di Illustrator, lapisan juga memainkan peran penting dalam membuat desain objek. Palet Layers menentukan daftar atau informasi lokasi untuk layer objek pada artboard atau lembar kerja.
Layer adalah palet dasar yang selalu ditemui oleh desainer grafis. Bagian lapisan ini selalu berlaku untuk perangkat lunak Sistem Adobe untuk aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop. Di Illustrator, lapisan juga memainkan peran penting dalam membuat desain objek. Palet Layers menentukan daftar atau informasi lokasi untuk layer objek pada artboard atau lembar kerja.

Kursus Adobe Ilustrator Jogja (AI) atau juga ada yang sering mencari dengan istilah kursus ai jogja. jika sebelumnya telah membahas dua tool yang sangat penting dalam desain grafis yaitu pada bahasan kursus corel draw jogja dan kursus adobe photoshop jogja, pada kesempatan kali akan melakukan pembahasan dengan tool yang berkaitan dengan dua bahasan sebelumnya.
mengapa berkaitan? dan apa kaitanya? untuk adobe ilustrator ini memiliki kesamaan dengan corel draw yaitu merupakan sama-sama aplikasi atau tool yaang di gunakan untuk desain grafis dengan basis vektor. kalau yang tanya apa perbedaan kedua tool ini perbedaan utamanya adalah vendor yang berbeda. kalau di istilahkan ini seperti halnya air mineral dalam kemasan total dengan club sama kemasanya hanya beda di motif dan cover, harga juga sama, rasa mungkin sama yang membedakan disini yang paling utama adalah merk saja.
sedangakan hubungan antara adobe ilustrator dengan adobe photoshop dari namanya saja pasti kamu semua sudah pada tahu kan. keduanya berasal dari vendor yang sama yaitu adobe tetapi memiliki fungsi yang berbeda photoshop dengan pixel dan ilustrator dengan vektor.
Adobe Illustrator secara tidak langsung mempunyai kegunaan untuk memproduksi hasil karya yang khusus, yaitu gambar dengan tipe vektor. Hasil karya yang dimaksud misalnya seperti pembuatan logo perusahaan, media promosi, media promosi bisa berbentuk hasil print maupun dalam bentuk digital.
Mungkin anda masih belum paham karena di situ hanya disebutkan dalam segi sempit beberapa hasil karya yang bisa dibuat dengan Adobe Illustrator, kalau diperluas atau secara umum maka hasil karya yang bisa dibuat oleh Adobe Illustrator, sebagai berikut :
  • Grafik.
  • Watermark.
  • Desain aplikasi.
  • Logo perusahaan.
  • Logo website / blog.
  • Banner / spanduk.
  • Desain gambar.
  • Ikon aplikasi.
  • Desain kaos.
  • Wallpaper.
  • Diagram
  • Ilustrasi.
  • Kartun.
  • Tabel.
Kelebihan:
  • Fiturnya lengkap.
  • Ampuh untuk pembuatan illustrasi, logo, dan vector image lainnya.
  • Kemampuan yang mumpuni untuk load file besar, diatas 50mb.
  • Warna-warna yang disediakan sangat baik dan halus, tidak jauh beda dengan hasil print nantinya.
  • Terintegrasi dengan software adobe yang lain, seperti adobe photoshop, coreldraw.
  • tidak kehilangan resolusi
  • garis yang jelas ada di tiap ukuran
  • baik untuk gambar ilustrasi








Demikian pembahasan kursus komputer jogja seputar kursus desain grafis lebih sesifik ke kursus adobe ilustrator jogja. dapatkan promo menarik tentang biaya kursus dan hubungi kami melalui contact yang tersedia.
© Copyright 2021 Kursus Komputer Jogja Terbaik dan Terpercaya

Hubungi Kami!