Hubungi Kami!

Kursus Administrasi Perkantoran Jogja Profesional

shape image

Kursus Administrasi Perkantoran Jogja Profesional


Kursus Administrasi Perkantoran Jogja

Jurusan Administrasi Perkantoran sudah sangat populer di Indonesia. Jurusan ini akan memberikan pengetahuan untuk mengelola administrasi pada sebuah kantor atau instansi.

Mahasiswa Jurusan Administrasi Perkantoran akan diajarkan bagaimana cara menerapkan fungsi-fungsi pada sebuah kantor seperti halnya urusan manajemen, perencanaan, pengawasan, dan juga pengorganisasian. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pelayanan yang diberikan kantor menyenangkan serta membuat klien dan pegawai yang ada di sana akan merasa nyaman dan senang.

Di jurusan ini, mahasiswa tidak hanya dibekali perihal pengetahuan saja. Akan tetapi, mereka juga akan dibekali keterampilan dan pengalaman tentang tata kelola administrasi kantor yang baik. Bisa dikatakan bahwa segala yang dipelajari dalam jurusan ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa terkait dengan manajerial, komunikasi, mengelola organisasi, dan cara berpikir yang strategis.

Walaupun terdengar remeh, tetapi Jurusan Administrasi Perkantoran memang tidak boleh disepelekan. Sejauh ini jurusan tersebut masih menjadi salah satu yang terfavorit dengan lulusan yang mempunyai kompetensi unggul dan mampu bersaing dalam dunia kerja. Jurusan ini sangat direkomendasikan bagi kamu para calon mahasiswa.

Kursus Administrasi Perkantoran Jogja Terbaik

Apa Itu Administrasi Perkantoran?

Definisi Administrasi Kantor adalah serangkaian kegiatan / kegiatan rutin dalam suatu organisasi yang terkait dengan manajemen data, serta informasi dalam pencapaian tujuan organisasi melalui sistematis.

Secara etimologis, administrasi kata berasal dari bahasa Latin, yaitu AD yang masuk akal intensif dan akan melayani atau di Indonesia membantu, melayani, atau juga memenuhi.

Definisi administrasi Kantor dalam arti sempit adalah semua / semua kegiatan teknis atau kegiatan dan memiliki peran utama dalam pelaksanaan kegiatan atau aktivitas operasi, penyajian laporan direksi, dan juga memainkan peran dalam penciptaan organisasi bisnis yang paling efektif.

Sementara dalam arti luas, administrasi Kantor dapat diartikan sebagai perencanaan, organisasi, alamat, organisasi kegiatan, dan juga mengawasi segala bentuk pekerjaan yang terkait dengan ruang lingkup di kantor, serta tertib administrasi.

Kursus Administrasi Perkantoran Jogja Bersertifikat

Pemahaman administrasi kantor menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa arti manajemen kantor, kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah definisi administrasi kantor sesuai dengan para ahli:

Pengertian Administrasi Perkantoran Menurut George Terry

Menurut George Terry pengertian administrasi perkantoran adalah suatu perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan pada sebuah perkantoran serta menjadi penggerak kepada mereka yang menjalankannya agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Pengertian Administrasi Perkantoran Menurut Edwin Robinson dan William Leffingwell

Menurut Edwin Robinson dan William Leffingwell pengertian Administrasi perkantoran adalah turunan dari ilmu dan seni manajemen yang berkaitan dengan operasional tugas kantor secara tepat.

Pengertian Administrasi Perkantoran Menurut  Suparjati

Menurut Suparjati definisi Administrasi perkantoran adalah suatu proses kerja sama dalam lingkup kantor untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama dengan melakukan fungsi manajemen.

Pengertian Administrasi Perkantoran Menurut Arthur Granger

Menurut Arthur Granger, administrasi perkantoran berfungsi untuk melaksanakan komunikasi pekerjaan kantor dengan tepat dan tata pelayanan kegiatan dokumentasi.

Pengertian Administrasi Perkantoran Menurut William Spriegel dan Ernest Daview

Menurut William Spriegel dan Ernest Daview, pengertian administrasi perkantoran adalah pemberian yang tertuju pada semua kegiatan operasional seperti transportasi, manufacturing, produksi, pengelolaan gudang, dan marketing.

Kursus Administrasi Perkantoran Jogja Profesional

Tujuan Administrasi Perkantoran

Seperti yang diutarakan pada pengertian administrasi perkantoran di atas, secara umum tujuan dari proses manajemen perkantoran ini ialah supaya/agar tujuan perusahaan itu bisa/dapat tercapai dengan secara efektif serta efisien dan memenuhi syarat dari sisi teknis, ekonomi, serta psikologis.

  • Teknis; memiliki manfaat dan daya guna.
  • Ekonomis; harganya pantas atau sesuai dengan yang seharusnya.
  • Psikologis; memberikan kepuasan.
Dibawah ini merupakan tujuan administrasi perkantoran secara lengkap, sebagai berikut :

  • Menyediakan data serta informasi dengan secara lengkap kepada pihak-pihak yang membutuhkan dalam pelaksanaan tugas organisasi dengan secara efektif serta efisien.
  • Melakukan pengawasan pekerjaan kantor serta administrasi supaya bisa/dapat memastikan terlaksananya standar kualitas, tenggat waktu, dan juga prosedur yang tepat.
  • Menerapkan kebijakan perusahaan atau juga departemen serta memberikan standar pelayanan dalam berhubungan dengan manajemen.
  • Berdiskusi dengan karyawan mengenai prestasi kerja untuk bisa mengidentifikasi masalah serta penyebabnya, dan juga berupaya untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  • Memberikan pelatihan atau juga perintah kerja kepada pegawai.
  • Melakukan verifikasi, pemantauan, dan juga evaluasi kerja dengan membuat suatu laporan terkait kegiatan/aktivitas produksi, pengiriman, serta penggajian.
  • Melakukan suatu proses perekrutan karyawan, mulai dari wawancara sampai pada memilih pegawai.
  • Menafsirkan serta juga mengomunikasikan semua atau seluruh prosedur kerja serta kebijakan perusahaan kepada para pegawai.
Biaya Kursus Administrasi Perkantoran Jogja

Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran

Seorang administrator bertanggungjawab didalam perencanaan kerja bagi pegawai, pengawasan pegawai, dan juga meminta pengadaan sarana serta prasarana yang diperlukan atau juga perbaikan peralatan kantor yang sudah ada Dibawah ini merupakan Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran penjelasannya sebagai berikut :

Aktivitas Kantor

Adapun beberapa aktivitas kantor yang termasuk di dalam ruang lingkup administrasi perkantoran diantaranya sebagai berikut:

  • Perencanaan Perkantoran (office planning)
  • Pengorganisasian Perkantoran (office organizing)
  • Pengarahan Perkantoran (office actuating)
  • Pengawasan Perkantoran (office controlling)

Sarana atau Fasilitas Kerja Perkantoran

Adapun beberapa sarana atau fasilitas yang termasuk di dalam ruang lingkup administrasi perkantoran sebagai berikut :

  • Lokasi kantor
  • Gedung
  • Peralatan
  • Interior
  • Mesin-Mesin Kantor
  • Fungsi Administrasi Perkantoran

Secara umum terdapat lima (5) fungsi administrasi perkantoran dalam hubunganya dengan operasional suatu organisasi. Dibawah ini merupakan suatu uraian fungsi administrasi perkantoran tersebut:

  • Fungsi Rutin, merupakan fungsi administrasi yang memerlukan pemikiran minimal mencakup pengarsipan serta penggandaan.
  • Fungsi Teknis, merupakan fungsi administrasi yang memerlukan pendapat, keputusan, dan juga keterampilan perkantoran yang mumpuni.
  • Fungsi Analis, merupakan fungsi administrasi yang memerlukan cara berpikir kritis serta kreatif dan juga kemampuan memutuskan sesuatu dengan cepat serta tepat.
  • Fungsi Interpersonal, merupakan fungsi administrasi yang memerlukan analisis serta juga penilaian ialah sebagai dasar dalam memutuskan sesuatu dan juga keterampilan dalam berkomunikasi dengan orang lain.
  • Fungsi Manajerial, merupakan fungsi administrasi yang memerlukan perencanaan, pengukuran, pengorganisasian, memberikan motivasi.
Materi Kursus Administrasi Perkantoran Jogja

Kenapa Harus Memilih Jurusan atau Belajar Administrasi Perkantoran?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Administrasi Perkantoran.
  1. Sudah bukan rahasia lagi jika prospek kerja yang ditawarkan bagi lulusan Administrasi Perkantoran sangatlah menjanjikan. Lulusan ini dijamin tidak akan menganggur karena memang setiap perusahaan pasti akan membutuhkan tenaga kerja yang mempunyai latar belakang pendidikan Administrasi Perkantoran.
  2. Walaupun fokus dari Administrasi Perkantoran adalah perihal administrasi, tetapi jika kamu kuliah di jurusan ini, kamu akan mendapatkan bekal pembelajaran bahasa asing. Tujuan dari pembekalan bahasa asing terhadap mahasiswa tersebut tak lain adalah agar mahasiswa siap menghadapi persaingan global.
  3. Jurusan Administrasi Perkantoran juga sangat direkomendasikan karena lulusannya akan mendapatkan bekal ilmu (information technology) IT. Jadi, jangan heran jika pegawai bank, petugas resepsionis, dan pekerjaan sejenisnya sangat mahir menggunakan perangkat komputer ataupun perangkat IT pendukung lainnya.
  4. Lulusan jurusan ini biasanya akan menjadi pegawai kantoran. Maka dari itu, nantinya bisa mendapatkan kenyamanan dalam bekerja mulai dari jam kerja dan hari libur yang teratur, hingga ruangan kerja yang nyaman di kantor.
Peluang Karir Kursus Administrasi Perkantoran Jogja

Prospek Kerja, Profesi dan Karir Lulusan Administrasi perkantoran

Sebagaimana namanya, Jurusan Administrasi Perkantoran mempersiapkan lulusannya dengan penguasaan berbagai kompetensi administratif yang baik sehingga bisa diaplikasikan di berbagai tempat bekerja. Beberapa posisi pekerjaan yang bisa dijajal oleh seorang lulusan Jurusan Administrasi Perkantoran antara lain resepsionis baik di hotel, rumah sakit, dan tempat pelayanan publik lainnya. Kemudian lulusannya juga bisa menjadi sekretaris kantor maupun sekretaris pribadi, staf personalia, asisten manager, petugas loket, pegawai bank, dan staf administrasi lainnya di lembaga pemerintah maupun swasta.

Bahkan sejak dari SMK, lulusan Jurusan Administrasi Perkantoran punya prospek cerah di dunia kerja. Banyak tugas Administrasi Perkantoran yang membutuhkan lulusan SMK. Surely, alumni D3 dan S1 Jurusan Administrasi Perkantoran berpeluang meraih prospek kerja yang lebih luas lagi. Dan apa sajakah profesi yang pada umumnya dijalani oleh alumni Jurusan Administrasi Perkantoran?

Pekerjaan yang dilakukan oleh lulusan Administrasi Perkantoran tidak hanya berfokus pada satu atau dua bidang saja, namun dapat bekerja di berbagai bidang. Hal ini menjadi salah satu rekomendasi yang wajib untuk ditekuni bagi mahasiswa jurusan administrasi perkantoran. Salah satu prospek kerja yang menjanjikan adalah bidang operasional dokumen, produksi serta kegiatan ekspor dan impor. Berikut ini beberapa prospek kerja lulusan Administrasi Perkantoran:

Training Sekretaris Administrasi Perkantoran Jogja

Sekretaris

Tugas Administrasi Perkantoran untuk seorang sekretaris yaitu memfilter informasi seputar bisnis bagi pimpinan, termasuk Botswana monetary unit menjadi pengingat berbagai kegiatan pimpinan di perusahaan, Menanggapi pertanyaan Dari consumer secara langsung, melalui telepon atau email, Mengembangkan dan menerapkan prosedur kantor, Menjaga sistem rekaman perusahaan untuk menjunjung tinggi file yang akurat, Menulis surat, memo, dan email, Menyortir dokumen, Memesan ruang pertemuan untuk rapat, Mengatur panggilan konferensi, Melakukan tugas administratif, termasuk pengarsipan dan fotokopi.

Staff Administrasi

Sebagai seorang employees administrasi, tugas Administrasi Perkantoran juga mencakup tugas-tugas administrasi, mendukung operasional perusahaan agar berjalan lancar, mencatat dan memeriksa penjualan mana yang terbaik untuk menindaklanjuti kekurangannya, Tugas lain diantaranya menginput knowledge penjualan sehari-hari dengan cermat, membuat penagihan serta menindak lanjuti pengiriman penjualan harian, memberikan informasi seputar masalah teknis penginputan atau pc, keterlambatan data) kepada Supervisor Adm. untuk kemudian ditindaklanjuti. Tugas staff administrasi secara spesifik sendiri diantaranya:

  • Pembukuan – Asisten admin di beberapa kantor mungkin ditugaskan untuk memantau dan mencatat pengeluaran. Tugas dapat berkisar dari membuat spreadsheet hingga melaporkan biaya kepada manajer kantor. Dengan demikian, beberapa asisten administrasi mungkin diharuskan memiliki pengetahuan dalam perangkat lunak pembukuan kantor, seperti Microsoft Excel.
  • Perencanaan dan penjadwalan – Merencanakan acara seperti rapat dewan dan makan siang mungkin juga menjadi tanggung jawab asisten admin. Ini mungkin memerlukan penelitian harga vendor atau menanyakan tentang ketersediaan peserta. Tugas lain mungkin termasuk menjadwalkan janji temu dan menyiapkan materi presentasi.
  • Dokumentasi – Asisten admin juga dapat membantu anggota kantor dengan dokumentasi. Selain menyimpan, mengatur dan mengelola file, asisten mungkin perlu mengetik, mengedit dan mengoreksi dokumen. Beberapa asisten mungkin perlu membuat dikte atau mencatat notulen rapat. Sebagai catatan tambahan asisten administrasi di beberapa bidang mungkin diharuskan memiliki pengetahuan profesional yang luas. Karenanya, tugas untuk asisten ini mungkin lebih terspesialisasi. Misalnya, asisten administrasi hukum mungkin perlu memiliki pemahaman menyeluruh tentang terminologi dan prosedur hukum, sementara asisten medis mungkin perlu berpengalaman dalam menangani perusahaan asuransi dan membaca laporan medis. Dalam perspektif ini mereka juga disebut sebagai Spesialis Dukungan Administratif.

Staff Personalia

Personalia atau disebut juga dengan manajemen personalia dalam perusahaan merupakan istilah untuk proses perekrutan dan pengembangan karyawan pada sebuah perusahaan. Karyawan ini nantinya akan mendapat pembinaan dan pengembangan yang pada akhirnya akan berguna dalam menjaga  keberlangsungan perusahaan. Tugasnya diantaranya:

  • Membuka lowongan pekerjaan, merekrut, mewawancarai dan menyeleksi calon karyawan.
  • Mengelola dan melakukan evaluasi terhadap berkas pelamar kerja.
  • Menghukum atau memberhentikan karyawan yang melanggar aturan.
  • Memiliki tanggung jawab pada perkembangan sumber daya manusia di perusahaan.
  • Menumbuhkan sikap positif terhadap karyawan.
  • Membentuk dan menyiapkan karyawan untuk progam kerja dengan melakukan pelatihan atau coaching.
  • Mejadi penghubung antara karyawan dengan manajemen.
  • Mengawasi dan memastikan kepatuhan hukum principle mengikat karyawan.
  • Menjadi penyidik serta melaporkan jika terjadi kecelakaan kerja terhadap karyawan untuk mengurus kepentingan asuransi.
  • Menyusun rancangan progam principle berkaitan dengan pengembangan kualitas karyawan.

Personal Assistant

Orang-orang penting dengan tingkat kesibukan yang tinggi biasanya membutuhkan bantuan personal assistant. Dengan keterampilannya sebagai alumnus Jurusan Administrasi Perkantoran, seorang personal assistant mampu mengikuti berbagai kegiatan dan membantu segala keperluan atasannya. 

Prospek kerja berikutnya bagi lulusan administrasi perkantoran adalah sebagai personal assistant. Jasa personal assistant sendiri banyak dibutuhkan oleh orang-orang penting atau yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Kamu dapat bekerja pada orang-orang yang membutuhkan personal assistant untuk membantu pekerjaan atau kegiatannya. Sebagai personal assistant, Kamu akan mengikuti seluruh kegiatan orang tersebut dan membantu segala hal yang diperlukannya. Tugasnya diantaranya:

  • Bertindak sebagai titik kontak pertama: berurusan dengan korespondensi dan panggilan telepon.
  • Mengelola buku harian dan mengatur pertemuan dan janji temu.
  • Kebanyakan personal assistant yang mengontrol akses bertemu dengan manajer atau eksekutif.
  • Pemesanan dan mengatur perjalanan, transportasi, dan akomodasi.
  • Menyelenggarakan acara dan konferensi.
  • Mengingatkan manajer atau eksekutif tentang tugas dan tenggat waktu penting.
  • Mengetik, menyusun, dan menyiapkan laporan, presentasi, dan korespondensi.
  • Mengelola basis data dan sistem pengarsipan.
  • Menerapkan dan memelihara prosedur atau sistem administrasi.
  • Berhubungan dengan staf, pemasok, dan klien.
  • Mengumpulkan dan mengarsipkan biaya.
  • Melakukan penelitian atas nama manajer.
  • Mengorganisir komitmen pribadi manajer termasuk perjalanan atau pengasuhan anak.

Public Relations

Karena kecakapannya berkomunikasi, alumni Jurusan Administrasi Perkantoran juga berpeluang kerja di bidang Humas dengan menjembatani antara dunia luar dan perusahaan. Public relation merupakan seorang individu yang bergerak dalam tim dengan tugas utama mengelola informasi dan komunikasi perusahaan ke khalayak ramai. Dengan kata lain, PR juga bertanggung jawab dalam pengelolaan hubungan yang terbentuk antara perusahaan dan publik. Tugasnya diantaranya Merencanakan dan membuat handout, termasuk menyiapkan pernyataan atau pidato, serta membuat audio visual untuk materi yang  disampaikan,  Memonitor aktivitas kompetitor bisnis, membangun identitas dan kesadaran publik tentang perusahaan. Tugas lain PR diantaranya:

  • Mengelola reputasi perusahaan dengan membuat program manajemen krisis dan membuat riset tentang sentimen publik terhadap perusahaan,
  • Membuat dan mengelola event seperti pameran atau peluncuran produk baru
  • Memperbarui dan memonitor konten serta aktivitas pada platform media sosial dan web site.

Seksi Hubungan Masyarakat

Peluang kerja berikutnya yang dapat dilakukan oleh administrasi perkantoran adalah sebagai seksi hubungan massa. Pekerjaan ini akan membuat Kamu bekerja untuk menjembatani komunikasi antar perusahaan tempat Kamu bekerja dengan dunia luar.

Guru SMK

Jika melanjutkan kuliah di Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran, kita punya bekal untuk menjadi guru dan mengajar Administrasi Perkantoran di SMK.

Kuliah Administrasi Perkantoran Jogja

Dunia Perkuliahan Jurusan Administrasi Perkantoran

Jika kamu masuk dalam Jurusan Administrasi Perkantoran, maka pada semester awal kamu akan diberikan bekal mengenai matematika dan juga IT. Sebab, kedua hal tersebut sangat penting untuk mengelola administrasi pada sebuah instansi. Jadi, sebelum masuk jurusan ini persiapkan dahulu kemampuan matematika serta keterampilan menggunakan komputer yang kamu miliki.

Setelah itu, mahasiswa juga akan diajarkan mengenai etika. Mahasiswa akan memperoleh ilmu terkait cara berkomunikasi dan sikap yang baik. Pembelajaran ini juga mencakup pembekalan keterampilan berbahasa asing, cara berpakaian, berperilaku, cara melakukan komunikasi saat rapat, mengangkat telepon, dan masih banyak lagi. Pengetahuan yang diberikan juga akan diwujudkan secara langsung dalam praktik perkuliahan yang ada di laboratorium. Hal ini akan terasa sangat menyenangkan karena mahasiswa akan berperan seolah-olah sudah bekerja di dunia nyata. Ilmu semacam itu jarang didapatkan pada jurusan lainnya sehingga mahasiswa yang kuliah di jurusan ini dapat dikatakan sebagai paket lengkap.

Pelatihan Administrasi Perkantoran Jogja

Ketika kuliah, mahasiswa juga dituntut untuk berpenampilan rapi dan ramah kepada siapa saja. Tujuan dari hal tersebut adalah agar mereka terbiasa memberikan pelayanan publik yang baik kepada klien setelah masuk dalam dunia kerja nantinya.

Hal yang menyenangkan dan paling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa adalah adanya kelas make up atau kecantikan. Jika sudah bertemu dengan hal ini, mahasiswa sudah pasti sangat antusias. Kelas ini bertujuan agar mahasiswa bisa berpenampilan menarik saat masuk ke dalam dunia kerja.

Setelah semua keterampilan yang bersifat pengetahuan di kampus diberikan, mahasiswa pada semester akhir akan diberikan kesempatan untuk magang secara langsung pada kantor-kantor yang telah bermitra dengan kampus tempat menuntut ilmu. Di sana mahasiswa akan memperoleh ilmu dan pengetahuan baru yang mana hal tersebut tidak akan pernah didapatkan ketika di kampus. Jadi kesempatan tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Jika kamu berminat mengambil Jurusan Administrasi Perkantoran, maka bersungguh-sungguhlah dalam berkuliah. Kelak, jika kualitas Sumber Daya Manusia yang dihasilkan oleh jurusan ini baik, maka bukan tidak mungkin bahwa lapangan pekerjaan dengan gaji yang fantastis akan datang dengan sendirinya.

Jurusan Administrasi Perkantoran Jogja

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Administrasi Perkantoran

Materi perkuliahan di jurusan administrasi perkantoran diantaranya Ilmu Administrasi, Di mata kuliah ini, Kamu akan diajari tentang dasar-dasar administrasi. Kamu juga akan diajari tentang cara mengelola kantor disini. Selain itu kamu juga akan mempelajari Komunikasi. Ekonomi meliputi dasar-dasar ilmu ekonomi yang juga berguna dalam menjadi karyawan kantoran,

Kamu juga akan mempelajari Manajemen, Ergonomi yang mengajari tentang interaksi manusia dengan elemen sistem dalam profesinya. Selain itu kamu juga akan mempelajari Kesekretarisan sebab tidak hanya menjadi seorang admin di kantor, Kamu juga akan diajari tentang cara menjadi seorang sekretaris. Perpajakan diajarkan untuk menjadi seorang lulusan admin kantor yang kompeten. Terakhir kamu juga akan mempelajari Bahasa Inggris Bisnis Terakhir, ada bahasa inggris yang juga diajarkan. Bedanya, bahasa inggrisnya adalah model bisnis sehingga kalimatnya pun tidak semudah bahasa inggris biasa. Kamu juga akan diajari tentang akuntansi.

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Administrasi Perkantoran :

  1. Azas Manajemen
  2. Mengetik Elektronik
  3. Stenografi
  4. Manajemen Perkantoran
  5. Akuntansi
  6. Praktek Komputer
  7. Pengetahuan Kesekretariatan
  8. Humas dan Protokol
  9. Teknik Penulisan Laporan
  10. Hukum Ketenagakerjaan
  11. Bahasa Inggris
  12. Manajemen Kearsipan
  13. Statistik
  14. Manajemen Personalia
  15. Manajemen Layanan Prima
  16. Manajemen Bisnis dan Organisasi
  17. Koresponden Bahasa Inggris
  18. Korespondensi Bahasa Indonesia
  19. Praktik Mengetik dan Simulasi Kantor
  20. Manajemen Komplain
  21. Hukum Perdagangan Sipil
  22. Sistem Perbankan Indonesia


© Copyright 2021 Kursus Komputer Jogja Terbaik dan Terpercaya

Hubungi Kami!